[Kisah] Rasul pun Tertawa, Ternyata ini Penyebabnya…



Dikisahkan, Rasulullah yang sedang duduk-duduk bersama sahabatnya, tertawa. Umar yang penasaran, menanyakan penyebab tawa Rasul. Beliau menjawab, “Ada dua orang dari umatku, yang duduk berlutut di hadapan Allah Rabbul ‘Izzah. Salah seorang berkata, “Wahai Rabbku, balaslah kezhaliman yang dilakukan saudaraku ini terhadapku”. 

“Bagaimana bisa begitu, sementara ia sama sekali tidak memiliki sisa pahala (untuk dikurangkan)?” tanya Allah. “Wahai Rabbku, hendaklah dia menanggung dosa-dosaku” pinta orang itu.
Lalu Allah berkata, “Angkatlah pandangamu!”(seraya Allah memperlihatkan Kenikmatan surga). Orang itu mengangkat pandangannya, dan berkata, “Wahai Rabbku, aku melihat kota yang terdiri dari emas. Istananya terbuat dari emas yang dilapisi mutiara. Untuk Nabi siapakah ini; atau untuk orang jujur yang manakah, ini; atau untuk syahid yang manakah, ini?”. 

Dijawab oleh Allah, “Untuk yang bisa membelinya”. “Siapa yang bisa membelinya, wahai Rabbku?”. “Engkau” jawab Allah. “Dengan apa?”. “Dengan maaf yang kau berikan kepada saudaramu” jawab Allah.
Orang itu pun berkata, “Wahai Rabbku, sesungguhnya aku akan memaafkan dirinya”. “Bawalah saudaramu masuk ke dalam surga” perintah Allah. 

Subhanallah, ternyata dari setiap 'maaf' yang kita berikan. Allah akan menggantinya dengan sesuatu yang tak pernah kita bayangkan..

Wallahu A'lamu bishawab

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Kisah]Do'a Rasul yang Ditolak

[Tadzkirah]Dosa Yang Membukakan Pintu Surga

[Hikmah] Apa Bedanya Nyamuk dan Kita?